Polres Tanjungpinang -

Polres Tanjungpinang Gelar Upacara Hari Bhayangkara ke 73 Serta Atraksi Senam Tameng

Polres Tanjungpinang Gelar Upacara Hari Bhayangkara ke 73 Serta Atraksi Senam Tameng

Polrestanjungpinang.id - Bertempat di Lapangan Terminal Sei Carang Bintan Centre Km. 9 Kota Tanjungpinang berlangsung Kegiatan Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-73 Tahun 2019 Polres Tanjungpinang. Sebagai Inspektur Upacara Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd Rabu/10/7/2019.

Hadir dalam kegiatan Upacara tersebut :

1. Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi, S.Ik, M.H.
2. Dandim 0315/Bintan Letkol Inf I Gusti Putu Bagus Wijangsana.
3. Kepala Rutan Kelas I Tanjungpinang Fonika Affandy.
4. Ketua PN Tanjungpinang Admiral, SH, MH.
5. Ketua DPRD Kota Tanjungpinang Suparno.
6. Komandan Skuadron 400 Wing Udara 2 Tanjungpinang Letkol Laut (P) R. M. Zuchri.
7. Danlanud RHF Tanjungpinang diwakili oleh Kadispers Lanud RHF Tanjungpinang Letkol Adm Dimas Soleh Budiharta.
8. Danyonmarhanlan IV Tanjungpinang diwakili Pasi Ops Mayor (Mar) Maman Dicky Firmansyah.
9. Kajari Tanjungpinang diwakili Kasi Pidum M. Amriansyah.
10. Ketua Bhayangkari Cab. Tanjungpinang Ny. Cynhthia Ucok Lasdin Silalahi.
11. Wakapolres Tanjungpinang Kompol Agung Gima Sunarya, S.Ik.
12. PJU Polres Tanjungpinang.
13. Pimpinan Bank se- Kota Tanjungpinang.
14. Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda se- Kota Tanjungpinang.
15. Jumlah Peserta Upacara 600 Orang.

Walikota Tanjungpinang H. Syahrul.Spd selaku Inspektur Upacara membacakan Amanat dari Presiden RI Ir. H. JOKO WIDODO sbb :

a. Mengawali amanat ini, atas nama rakyat, bangsa, dan negara Indonesia, saya mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-73, kepada seluruh anggota dan keluarga besar Kepolisian Negara Republik Indonesia, di mana pun Saudara bertugas.

b. Saya juga mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan, dan perjuangan tanpa pernah mengenal lelah, yang ditunjukkan personel Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

c. Dalam momentum yang baik ini, marilah kita mendoakan para personel Polri yang gugur dalam tugas memelihara keamanan negara kita. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, memberikan balasan atas seluruh pengorbanan, perjuangan, dan pengabdian, serta memberikan kesabaran dan kekuatan bagi keluarga yang ditinggalkan.

d. Kerja keras dan pengabdian Polri, telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik. Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan Pemerintah, yaitu Asian Games, Asian Para Games, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018. Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019, sehingga terselenggara dengan aman, damai, dan demokratis.

e. Seluruh agenda kemasyarakatan juga dapat terselenggara dengan aman, mulai dari perayaan Natal 2018, Tahun Baru 2019, sampai dengan Ramadhan dan Idul Fitri 2019. Kita juga merasakan situasi kamtibmas yang kondusif, arus mudik dan arus balik berjalan dengan lancar, stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan terjamin di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, bersama dengan seluruh pemangku kepentingan, Polri turut terlibat aktif dalam penanggulangan bencana yang terjadi di berbagai wilayah di tanah air.

f. Polri juga telah mengungkap berbagai kejahatan, mulai dari kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, kemudian kejahatan lintas negara seperti terorisme, perdagangan narkotika, perdagangan orang, dan kejahatan siber, lalu kejahatan berimplikasi kontinjensi seperti konflik sosial, kerusuhan massa, dan unjuk rasa anarkis, sampai dengan kejahatan terhadap kekayaan negara seperti illegal logging, illegal fishing, dan tindak pidana korupsi. Termasuk dalam menindak kejahatan tindak pidana korupsi, sepanjang tahun 2018, Polri telah berhasil mengungkap kerugian negara senilai Rp 2,9 triliun dan menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp 2,3 triliun.

g. Selanjutnya dalam pengelolaan organisasi, Polri telah meningkatkan akuntabilitas dan transparansi. Laporan keuangan Polri meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan selama 6 tahun berturut-turut.

h. Laporan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, menunjukkan Nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Indeks Reformasi Birokrasi Polri mengalami peningkatan, disertai dengan keberhasilan mewujudkan 69 Zona Integritas, yang terdiri dari 64 Satker dengan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan 5 Satker dengan predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Hal ini menempatkan Polri pada urutan kedua Kementerian/Lembaga dengan Zona Integritas terbanyak setelah Kementerian Keuangan.

i. Dengan berbagai capaian tersebut, kinerja Polri dalam memelihara keamanan dalam negeri terus mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat. Tingkat kepercayaan publik terhadap institusi Polri terus meningkat. Hal tersebut ditunjukkan oleh berbagai survei yang diselenggarakan lembaga- lembaga survei yang kredibel, Polri menjadi salah satu lembaga yang dipercaya publik, setelah KPK dan TNI.

j. Capaian tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh personel Polri, dengan dukungan mitra kerja dan masyarakat. Oleh karena itu, dalam kesempatan yang penuh dengan kebahagiaan ini, saya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh personel Polri di mana pun Saudara mengabdi, kepada mitra kerja Polri, serta kepada masyarakat yang telah mendukung terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri yang kondusif.

k. Berbagai capaian tersebut saya harap tidak membuat institusi Polri cepat berpuas diri. Namun sebaliknya, menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Apalagi ke depan, tantangan yang dihadapi Polri dalam memelihara keamanan dalam negeri akan semakin kompleks.

l. Terorisme dan radikalisme masih menjadi potensi ancaman bagi stabilitas keamanan dalam negeri. Selain itu, pesatnya perkembangan teknologi informasi juga mendorong semakin besar dan beragamnya potensi kejahatan di ruang siber. Demikian pula penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian, menjadi ancaman bagi kerukunan, persatuan, dan kesatuan bangsa kita.

m. Berbagai kejahatan lintas negara, seperti peredaran narkotika dan human trafficking terus memerlukan penanganan secara profesional. Kejahatan terhadap kekayaan negara, seperti tindak pidana korupsi, illegal fishing, illegal mining, dan illegal logging, harus diberantas demi melindungi kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara. Demikian pula kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, harus ditindak secara tegas dan berkeadilan guna memberikan rasa aman bagi masyarakat.

n. Oleh karena itu, sebelum mengakhiri amanat ini, saya akan menyampaikan beberapa instruksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas :

Pertama, Terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.

Kedua, Kedepankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

Ketiga, Terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan.

Keempat, Tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan dan berkeadilan.

Pukul 08.50 Wib upacara selesai dilanjutkan dengan kegiatan peragaan sbb :

a. Peragaan pencak silat dari PSHT Kota Tanjungpinang.
b. Peragaan senam tameng oleh Sat Samapta Polres Tanjungpinang.

Pukul 09.15 Wib dilanjutkan dengan Acara Syukuran dalam rangka Hari Bhayangkara ke-73 Tahun 2019 Polres Tanjungpinang dengan rangkaian kegiatan sbb :

Pemotongan tumpeng dan pemberian penghargaan kepada personil yang berprestasi dan masyarakat yang mendukung tugas Polri serta pemenang lomba rangka Hari Bhayangkara ke-73 Tahun 2019 Polres Tanjungpinang diataranya sbb :

1. Pengungkapan tindak pidana Narkoba.
2. Pengungkapan kasus senjata api.
3. Penghargaan prestasi telah membuat program pencegahan keamanan dengan pondok baca keliling.
4. Prestasi juara 1 lomba foto dan vlog sinergitas TNI-Polri dalam rangka Hari Bhayangkara ke-73 tingkat Mabes Polri.
5. Pretasi upaya deteksi dini dalam rangka Pemilukada kota Tanjungpinang tahun 2018 dan Pemilu 2019.
6. Lomba Bhabinkamtibmas teladan.
7. Lomba Pos Kamling.
8. Lomba pertandingan domino.
9. Lomba pertandingan baket ball.
10. Lomba karya Jurnalistik.

Kapolres Tanjungpinang AKBP. Ucok Lasdin Silalahi SIK.MH saat membacakan amanat Kapolri sbb :

a. Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak Presiden beserta Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo, dan Bapak Wakil Presiden beserta Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla. Kehadiran Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden, tentu semakin menambah semangat dan motivasi personel Polri, dalam melaksanakan tugas.

b. Peringatan Hari Bhayangkara terkait erat dengan terbitnya Penetapan Pemerintah Nomor 11 Tahun 1946. Melalui Penetapan tersebut, Jawatan Kepolisian Negara yang semula berada dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri, ditetapkan menjadi jawatan tersendiri, yang langsung berada di bawah Perdana Menteri atau Presiden, selaku Kepala Pemerintahan. Peristiwa yang terjadi pada 1 Juli 1946 tersebut, juga menjadi momentum meleburnya berbagai elemen kepolisian ke dalam satu institusi kepolisian yang bersifat nasional.

c. Kami bersyukur, sampai dengan saat ini Polri tetap survive melaksanakan tugasnya sebagaimana diatur undang-undang. Polri yang saat ini memiliki anggota 446.873 personel, tersebar pada 34 Polda di 34 Provinsi, 461 Polres di 514 Kabupaten/Kota, serta 4.872 Polsek di 7.201 Kecamatan, bersama-sama dengan TNI dan komponen-komponen bangsa lainnya menjadi pilar keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

d. Berbagai perbaikan yang dilaksanakan oleh Polri selama 3 tahun terakhir melalui Program Promoter, dititikberatkan pada 3 kebijakan utama, yaitu peningkatan kinerja, perbaikan kultur, dan manajemen media.

e. Peningkatan kinerja diwujudkan melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, profesionalisme dalam penegakan hukum, dan pemeliharaan stabilitas kamtibmas secara optimal. Perbaikan kultur direalisasikan dengan menekan budaya koruptif, menghilangkan arogansi kekuasaan, dan menekan kekerasan eksesif. Sedangkan manajemen media dilaksanakan pada media konvensional dan media sosial, dengan menyampaikan berbagai upaya Polri dalam pemeliharaan kamtibmas dan meminimalisir berita negatif, termasuk hoax dan ujaran kebencian.

f. Tiga tahun impleme ntasi Program Promoter telah menunjukkan hasil yang baik. Kepercayaan publik terhadap institusi Polri terus meningkat. Polri pada tahun 2016 termasuk dalam 3 institusi dengan kepercayaan publik rendah, dan saat ini berdasarkan hasil survei yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga yang kredibel, telah berada pada 3 besar lembaga yang dipercaya publik.

g. Kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi Bapak Presiden terhadap berbagai capaian Polri, khususnya dalam menghadapi berbagai agenda nasional sepanjang tahun 2018 dan 2019, mulai dari pengamanan Asian Games di Jakarta, Sumsel, Jabar, dan Banten; Asian Para Games di Jakarta; IMF-World Bank Annual Meeting 2018 di Bali; Pilkada Serentak 2018 di 171 wilayah; tahapan Pemilu 2019; Ramadhan dan Idul Fitri 2019; sampai dengan operasi penanganan bencana di berbagai daerah.

h. Kami juga mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan penghargaan yang disampaikan oleh Bapak Presiden terhadap pengelolaan organisasi Polri, khususnya terkait Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan yang diraih Polri selama 6 tahun berturut-turut, mulai dari tahun 2013 sampai dengan 2018, peningkatan Nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Polri, dari 72,11 di tahun 2017 menjadi 74,08 di tahun 2018, Peningkatan Indeks Reformasi Birokrasi Polri, dari 73,65 di tahun 2017 menjadi 75,18 di tahun 2018, serta terwujudnya 69 Zona Integritas di lingkungan Polri.

i. Kami menyadari sepenuhnya, berbagai capaian tersebut tidak akan dapat diraih Polri tanpa bimbingan dan arahan Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden, dukungan pimpinan Lembaga Tinggi Negara, kerja sama pimpinan Kementerian/Lembaga, seluruh anggota DPR, DPD, MPR, mitra kerja, senior dan sesepuh Polri dan g, serta seluruh masyarakat Indonesia, sehingga Polri dapat melaksanakan tugas-tugas tersebut dengan maksimal.

j. Berbagai capaian yang diraih oleh Polri tersebut, akan mendorong Polri untuk terus melaksanakan perbaikan guna mendapatkan kepercayaan publik yang amat penting di era demokrasi ini. Selanjutnya kami juga siap menindaklanjuti 5 instruksi Bapak Presiden dan mempedomaninya dalam pelaksanaan tugas, yaitu:

- Meningkatkan kualitas sumber daya manusia Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.

- Mengedepankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial di masyarakat.

- Meningkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan.

- Meningkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan.

- Memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri.

k. Kami mohon doa dan dukungan dari Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden, pimpinan Lembaga Tinggi Negara, pimpinan Kementerian/Lembaga, seluruh anggota DPR, DPD, MPR, mitra kerja, senior dan sesepuh Polri dan TNI, serta seluruh masyarakat Indonesia, agar Polri semakin profesional, modern, dan terpercaya, dalam mengemban tugas memelihara keamanan dalam negeri.

l. Dalam kesempatan yang penuh dengan kebahagiaan ini, kami mengucapkan terima kasih atas peningkatan tunjangan kinerja bagi personel Polri, bersama dengan TNI, sebesar 70% yang telah terlaksana selama 1 tahun, mulai tanggal 1 Juli 2018. Hal tersebut amat berarti bagi peningkatan kesejahteraan personel Polri dan TNI.

m. Kami selaku Kapolri dan tentunya Bapak Panglima TNI, memiliki visi yang sama untuk terus menjaga stabilitas Kamtibmas, menuntaskan tahapan Pemilu 2019, hingga momentum pelantikan pada Oktober 2019 mendatang. Juga memelihara stabilitas keamanan dalam negeri pasca pelantikan, sehingga Pemerintah dapat melaksanakan program-program pembangunan dengan lancar, guna meningkatkan kesejahteraan rakyat dan pendapatan nasional.

n. Dengan demikian tersimpan harapan kepada Bapak Presiden, kiranya tunjangan kinerja anggota TNI dan Polri di masa kepemimpinan 5 tahun ke depan Insyaallah dapat meningkat menjadi 100%.

6. Sambutan Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd :

a. Selamat hari Bhayangkara ke-73 tahun 2019
Polres Tanjungpinang serta untuk Keluarga Besar Kepolisian Republik Indonesia.

b. Saya selaku pemerintah Kota Tanjungpinang serta seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang menyampaikan ucapan serta apresiasi kepada Kapolres Tanjungpinang serta keluarga besar Kepolisian Republik Indonesia.

c. Semoga Polri semakin bersemangat, bersinergi dan dapat mengayomi masyarakat dengan lebih baik lagi. Jayalah selalu Kepolisian Republik Indonesia.


Tagline : Polres,Tanjungpinang,Upacara,Hari,Bhayangkara,73